Ribuan orang terjebak di pantai Australia yang dikelilingi api

Hasil gambar untuk Thousands trapped on Australia beach encircled by fire

Ribuan orang terjebak di pantai Australia yang dikelilingi api

Ribuan wisatawan dan penduduk setempat terperangkap di sebuah pantai di Australia tenggara yang dilanda kebakaran pada Selasa (31 Desember), ketika api membakar daerah wisata populer tanpa meninggalkan jalan darat.

Sebanyak empat ribu orang terperangkap di tepi pantai kota pinggir laut Mallacoota, ketika asap berubah dari hari ke malam dan pihak berwenang mengatakan kebakaran di dekatnya menyebabkan badai petir ekstrem dan “serangan bara”.

“Kami mengalami kebakaran yang sepertinya akan berdampak pada Mallacoota,” kata Komisaris Manajemen Darurat Victoria Andrew Crisp kepada penyiar publik ABC, menambahkan bahwa petugas pemadam kebakaran telah dikerahkan untuk melindungi kelompok itu.

Pihak berwenang telah berhari-hari memperingatkan hingga 30.000 wisatawan menikmati liburan musim panas Australia untuk meninggalkan daerah itu, yang hanya satu dari ratusan yang dirusak oleh musim kebakaran dahsyat ini.

“Kami punya tiga tim pemogokan di Mallacoota yang akan menjaga 4.000 orang di pantai di sana,” kata Crisp. “Kami tentu sangat prihatin dengan komunitas yang menjadi terisolasi.”

Persiapan dilaporkan sedang dilakukan untuk evakuasi laut atau udara jika diperlukan.

Di media sosial, warga mengatakan mereka mengenakan jaket penyelamat jika mereka perlu mencari perlindungan dari api di air.

Temperatur di daerah kebakaran dapat mencapai ratusan derajat Celcius (Fahrenheit) yang membunuh siapa pun di dekatnya, jauh sebelum api mencapai mereka.

Lautan adalah “pilihan terakhir” menurut agen manajemen darurat Victoria.

Wartawan radio lokal Francesca Winterson mengatakan dia menyaksikan api mendekati kota dan rumahnya sendiri ketika dia mencoba untuk menyiarkan peringatan darurat di tengah pemadaman listrik.

“Aku lebih baik hidup daripada memiliki rumah,” katanya kepada ABC Gippsland.

Di utara, di pantai New South Wales, para wisatawan juga diperingatkan bahwa beberapa api “berbahaya” bergerak cepat dan mereka harus mencari perlindungan di pantai jika perlu.

“Kebakaran ini bergerak cepat pagi ini. Mereka menimbulkan ancaman serius bagi kehidupan. Jangan berada di jalurnya. Hindari daerah padang semak. Jika jalurnya jelas, pindah ke kota atau pantai yang lebih besar untuk berlindung,” Dinas Pemadam Kebakaran Pedesaan New South Wales kata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *